Minta Maaf! Arteria Dahlan: Suku Sunda Bagian Keluarga Besar Kami

Politik  KAMIS, 20 JANUARI 2022 , 21:09:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Minta Maaf! Arteria Dahlan: Suku Sunda Bagian Keluarga Besar Kami

Anggota DPR RI, Arteria Dahlan/Net

RMOLBANTEN Setelah dikecam banyak pihak termasuk dari rekan separtai, Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan akhirmya menyampaikan permohonan maafnya kepada warga Jawa Barat terkait pernyataannya yang menyinggung bahasa Sunda saat rapat kerja dengan Kejaksaan Agung.

"Saya memohon maaf yg sebesar-besarnya kepada seluruh warga masyarakat, kepada seluruh tokoh masyarakat semuanya. Saya menganggap orang sunda itu bagian dari keluarga besar kami," ujar Arteria dalam jumpa pers di Kantor Fraksi PDI Perjuangan, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1).

Ditegaskan Arteria, dirinya memiliki banyak keluarga yang bersuku Sunda. Sehingga, menurutnya tidak ada sedikitpun niat darinya untuk menyakiti perasaan warga yang bersuku Sunda.

"Kami juga memastikan tidak ada niatan sedikitpun untuk merendahkan, menyakiti hati keluarga kami yang bersuku sunda," tegasnya.

Sekaligi lagi, Arteria menyampaikan permintaan maaf atas pernyataan sebelumnya dan memastikan tidak ada niatan sedikitpun untuk merendahkan, menyakiti hati suku sunda.

"Yang pastinya tidak ada bermaksud untuk rasis atau merendahkan bahasa atau suku sunda,” tandasnya.

Kata Arteria, dirinya menjelaskan telah memberikan klarifikasi kepada DPP PDI Perjuangan yang dalam hal ini dihadiri langsung oleh Sekjen dan juga Dewan Kehormatan PDI Perjuangan.

"Saya juga sudah dimintakan klarifikasi dan sudah memberi klarifikasi ke DPP partai hari Kamis ini," jelasnya.

"Saya juga sudah dimintakan klarifikasi ketua fraksi kami mas Utut," lanjutnya.

Dia memaparkan pernyataannya tersebut merupakan pernyataan pribadi selaku anggota DPR dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan.

"Ini murni dari saya pribadi, tidak ada kaitan dengan fraksi atau dengan partai kami," tandasnya.

Terima kasih atas semua kritik dan masukan, semua saran yang telah diberikan dalam bentuk apapun, baik di medsos, di pemberitaan, bagi saya itu adalah pengayaan,” jelasnya.

Mudah-mudahan atas masukan-masukannya, saya bisa belajar dan menjadikan bahan tersebut sebagai bahan pencermatan dan bahan pembelajaran agar saya bisa bekerja lebih bik lagi ke depan,” demikian Arteria

Kenapa Minta Ganti Kajati Bicara Sunda

Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan mengatakan, dalam rapat itu, ia justru bermaksud untuk mengingatkan sekalipun ada posisi dan jabatan-jabatan strategis yang diduduki oleh warga suku sunda di Kejaksaan, bukan karena kedekatan atas dasar suku, tapi berdasarkan kompetensi, kapasitas, kapabilitas.

"Makanya kalau dilihat betul, kan saya bicaranya pak JA yang saya sayangi itu 15 menit semuanya, itu kan isinya untuk kejaksaan semua, puja-puji semua untuk kejaksaan,” jelasnya.

"Tapi saya tidak mau memperpanjang dan membuat ini semakin kita jadi tidak enak satu keluarga tidak ada juga ini. Jadi kami memang mengatakan masalahnya kan gak ada, tidak ada juga kami berpendapat, saya berpendapat menggunakan bahasa sunda itu dilarang,” jelasnya.

"Tapi jangan sampai juga maksud saya nih jangan sampai juga ada orang-orang yang lain merasa mereka itu karena kedekatan kesukuannya gitu loh, sehingga itulah timbul pernyataan saya kemarin,” imbuhya. [ars]


Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds