Panglima TNI: Seluruh Kekuatan Dikerahkan Untuk Amankan Negara Di Laut China Selatan

Keamanan  SELASA, 25 JANUARI 2022 , 07:29:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Panglima TNI: Seluruh Kekuatan Dikerahkan Untuk Amankan Negara Di Laut China Selatan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjawab pertanyaan wartawan di Gedung DPR RI/Ist

RMOLBANTEN Untuk pengamanan negara dari situasi ketegangan di wilayah Laut Cina Selatan, semua kekuatan yang dimiliki TNI sudah dikerahkan.

Pengaman dilakukan mengerahkan seluruh kekuatan tiga matra yaitu Angkatan Darat (AD), Ạangkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU)

"Menginjak soal keamanan Laut China Selatan. Intinya kami ini berusaha untuk mengoperasikan segala kemampuan yang dimiliki oleh angkatan darat laut dan juga udara," ujar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (24/1).

Secara umum, kata Andika masalah Laut China Selatan paling menonjol ketimbang masalah yang ada wilayah Indo-Pasifik.

"Jadi kalau secara umum masalah kemanan di Laut China Selatan dengan Indo-Pasifik yang menonjol sebenarnya hanya di Laut China Selatan," katanya.

"Di Laut Cina Selatan ini seperti yang saya sampaikan tadi kita sudah berusaha mengerahkan semua yang kami miliki sesuai dengan kemampuan kami saat ini," sambungnya.

Lanjutnya, untuk di wilayah Natuna, kekuatan tiga matra yakni Angkatan Darat, Laut hingga Udara sudah dimaksimalkan sedemikian rupa. Seluruh kemampuan yang dimiliki kemudian dikombinasikan.

"Lima poin sebenarnya juga menggambarkan bagaimana kami mengoptikmalkan semua yang kami miliki alutsista kemampuan yang dimiliki Darat, Laut dan Udara," tuturnya.

"Sedangkan di indofasifik ini lah kami miliki yang bisa kami kerahkan dalan operasi-operasi kami selama ini," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds