Kasihan! Ratusan Guru Di Tangsel Terima THR Cuma Rp288 Ribu

Pendidikan  SABTU, 30 APRIL 2022 , 16:14:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Kasihan! Ratusan Guru Di Tangsel Terima THR Cuma Rp288 Ribu

Ilustrasi/NET

RMOLBANTEN. Miris, disaat para pekerja menikmati fasilitas Tunjangan Hari Raya (THR), para guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) justru hanya menerima uang sebesar 288.000 rupiah.

Menurut salah satu guru sekolah di Kecamatan Setu, Kota Tangel yang enggan disebutkan namanya, mengaku uang THR yang diberikan oleh Pemkot Tangsel, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) seharusnya sebesar Rp 1.100.000 rupiah, tapi hanya dibayarkan 25 persen saja.

"Kalau THR-nya cuma segitu, apalagi saat ini semua harga kebutuhan pokok pada naik, cukup beli apa uang segitu ?," ujarnya kepada wartawan, Sabtu, (30/4).

Menurutnya, para tenaga pengajar mengaku kecewa dengan nilai THR yang diberikan oleh Pemkot Tangsel. Hal ini lantaran, pemerintah daerah yang memiliki motto cerdas, modern, religius itu justru mengabaikan hak guru yang merupakan ujung tombak dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

"Kalau bisa dibilang, kita para guru kecewa, seolah-olah Pemkot Tangsel tidak menghargai jerih payah kami," jelasnya.

Informasi yang didapat, alasan pihak Pemkot Tangsel hanya membayarkan THR sebesar Rp288 ribu itu karena ada kesalahan yaitu, tidak sinkronnya penyusunan DPA dengan Peraturan Walikota (Perwal).

Hal itu diberitahukan melalui pengumuman yang diterima oleh para guru melalui pesan singkat di aplikasi pesan WhatsApp. Dalam pesan itu, diberitahukan bahwa pencairan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) beserta THR akan dibayarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) yang akan disahkan bulan Oktober atau November 2022 mendatang.

"Momen hari rayanya kan sekarang bukan bulan Oktober dan November, saya harap Pemkot Tangsel bijak dalam menyikapinya. Selain itu, dalam pengumuman, hal ini akan diberitahukan kadis pendidikan melalui surat resmi," kata dia.

Hingga berita ini ditayangkan, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dindikbud Kota Tangsel, Muslim Nur dikonfirmasi melalui pesan singkat tidak memberikan tanggapan. [ars]

Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds