Mahfud MD: Gus Dur Sebagai Guru Besar Saya Beragama Dan Mentor Politik

Politik  MINGGU, 08 MEI 2022 , 07:20:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Mahfud MD: Gus Dur Sebagai Guru Besar Saya Beragama Dan Mentor Politik

Menko Polhukam Mahfud MD saat berziarah ke makam Gus Dur/Instagram

RMOLBANTEN Mantan Presiden RI Ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merupakan sosok guru dalam beragama sekaligus mentornya dalam berpolitik.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD usai berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (7/5) pagi.

"Saya ditemani istri Zaizatun Nihayati dan anak saya Royhan Akbar berziarah ke makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang," tulis Mahfud dalam keterangan foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Minggu (8/5).

"Presiden Ke-4 RI Gus Dur adalah guru besar saya dalam beragama dan mentor saya dalam berpolitik," ujarnya.

Mahfud mengungkapkan kerinduannya terhadap Gus Dur yang menurutnya merupakan sosok yang sangat gigih memperjuangkan toleransi dalam perbedaan dan Islam wasathiyah atau Islam moderat.

"Saya berdoa khusuk dan dan kangen kepada Gusdur. Saya ingin menemuinya tapi dia sudah dialam sana, saya tidak tau alamatnya, Ghoib," ungkap Mahfud.

Selain berziarah ke makam Gus Dur, Mahfud menyampaikan bahwa dia juga menziarahi makam beberapa ulama keluarga Gus Dur sekaligus pejuang kemerdekaan yang dimakamkan di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng. Di antaranya, KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim.

Mahfud mengungkapkan, dalam kunjungan ziarah itu, dirinya didampingi juga oleh pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin yang sekaligus memimpin pembacaan tahlilan dan doa.

"Tahlilan dan doa dipimpin langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz yang biasa dipanggil Gus Kikin," tulis Mahfud. [ars]

Komentar Pembaca
Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

Ketua KPK Resmikan Kantor JMSI Riau

SABTU, 19 MARET 2022 , 13:19:00

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

Zaki Resmikan Masjid Ash-Shomad

SABTU, 12 MARET 2022 , 21:06:00

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

Presiden Dan Gubernur Se-Indonesia Di IKN

SENIN, 14 MARET 2022 , 15:23:00

The ads will close in 10 Seconds